Kuliner Ayam Betutu yang Kaya Rempah Khas Bali

Sesuai namanya, hidangan ini satu menggunakan daging ayam sebagai bahan baku. Tapi, tidak seperti bumbu ayam pada umumnya, betutu memiliki rasa yang kaya akan rempah-rempah, Anda tahu.

Bayangkan saja, untuk membuat satu porsi, rempah-rempah yang digunakan sangat banyak. Mulai dari cabai merah, jahe, kunyit, lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, pala, daun jeruk, lada hitam, dan garam. Tidak hanya lezat dan memancing semua indera, makan betutu juga membuat perut terasa hangat.

Pas banget dimakan dengan nasi panas dan sayuran, betutu juga memiliki proses memasak yang sangat rumit. Semuanya dimulai dengan menumis bumbu hingga harum dalam wajan.

Kuliner Ayam Betutu yang Kaya Rempah Khas Bali
Kuliner Ayam Betutu yang Kaya Rempah Khas Bali

Setelah keluar wangi, rempah-rempah rasa dimasukkan ke dalam rongga ayam, dan beberapa dioleskan di seluruh bagian ayam, biarkan semalaman. Berikutnya, tambahkan serai dan daun salam, lalu bungkus ayam dalam daun pisang, dikukus selama dua jam. Setelah itu, dipanggang dalam oven dengan suhu 185 derajat Celcius selama dua jam sampai matang.

Proses ini dilakukan agar rasa yang dihasilkan benar-benar mengesankan di lidah benar-benar. Campuran rasa dan lembut potongan ayam cocok di lidah dikombinasikan dengan, untuk yang suka makanan pedas kaya rempah-rempah dan pasti ketagihan, deh.

menu pecinta satu ini harus berterima kasih kepada pasangan dari Gianyar, Ni Wayan Tempeh dan suaminya I Nyoman Suratna. Pasangan dibuat kreasi betutu untuk dijual di Old Terminal Gilimanuk sejak tahun 1976, dan masih dalam permintaan hari ini. bisnis ini masih dilanjutkan oleh anak-anak mereka.

Karena betutu biasanya dimasak ekor utuh, maka bagian yang dilayani cukup besar untuk digunakan bersama oleh banyak orang. Yang paling pas dinikmati sebagai sebuah keluarga atau dengan teman-teman geng ketika di Bali, 4-6 orang per porsi. Betutu tertarik untuk mencicipi kenikmatan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *